Manfaat kopi, Efek Negatif Kopi

11:27
     Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar kopi. Kebiasan yang saya lakukan dan teman-teman adalah Ngopi, saat ngopi kita bisa saling tukar informasi, dan di warung kopi-lah tempat saya mecari sebuah inspirasi (gaya) hehehe,
        KAFEIN dalam kopi memang terkenal tidak baik bagi kesehatan. Namun, ada beberapa hal menarik tentang manfaat kopi bagi kesehatan Anda yang mungkin sebagian orang belum mengetahuinya. 
     
 saya mengambil dari banyak sumber di internet menngenai manfaat kopi, tidak ada salahnya kita mengetahui manfaat kopi.

Manfaat Kopi

Menurut Harvard Women’s Health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak.
  • Diabetes. Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.
  • Kanker. Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.
  • Sirosis. Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.
  • Penyakit Parkinson. Para peminum kopi memiliki risiko terkena Parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.
  • Penyakit jantung dan stroke. Konsumsi kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke.  Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.
  • Fungsi kognitif. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

    Efek Negatif dari Kopi


          Walaupun kopi memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat berkontribusi untuk jantung berdebar, hipertensi, insomnia, dan masalah kesehatan lainnya.





          Selain itu, kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan resiko keguguran pada wanita hamil. Oleh karena itu, ide yang baik bagi wanita hamil untuk meminimalkan asupan kafein atau berhenti mengkonsumsinya.

         Untuk mencegah efek negatif dari kopi, mengurangi asupan kafein Anda, atau beralih ke kopi tanpa kafein. Juga, pastikan untuk selalu mengkonsumsi dua gelas air untuk setiap satu cangkir kopi yang Anda minum. Hal ini dapat meminimalkan efek berbahaya dari minuman kafein.

Kopi Campur adalah media informasi di era digital

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
mrofiuddin
AUTHOR
17 March 2013 at 10:54 delete

Manteeep artikelnya Ustadz....sama..ana juga doyan kopi... :D hadir perdana sambil follow...jika berkenan follow balik ya...salam santri informatika.

Reply
avatar
ariphiin
AUTHOR
22 March 2013 at 22:17 delete

Mro- trima kasih Ustadz dah mampir di blogger-Q yg masih dalam tahap awal ini .. .. ..

Reply
avatar
11 April 2014 at 09:50 delete

selama minum sesuai aturan da takran, niscaya hal baik yang di dapat

Reply
avatar
11 February 2015 at 16:34 delete

Hmm keren, maju n semangat terus Brow...

Reply
avatar

Featured post

Cara Mengatasi Epson, L300 Eror di Tinta

Kopi campurr - Cara mengatasi epson l300 eror tinta tidak mau keluar - setelah lama tidak pernah posting lagi blog ini, akhirnya malam ini ...